beritadunesia-logo

Provinsi Bali

logoNama Resmi : Provinsi Bali
Ibukota : Denpasar
Luas Wilayah : 5.632,86 Km2
Gubernur : Komisaris Jenderal Polisi (Purn.) Drs. I Made Mangku Pastika, M.M
Wakil Gubernur : Drs. I Ketut Sudikerta
Jumlah Penduduk : 3.216.881 Jiwa
Kabupaten : 8
Kotamadya : 1
Website : www.baliprov.go.id
Alamat Kantor:     
Jl. Basuki Rachmat No.1, Depansar- Bali
Telp. (0361) 232885, 235155
Fax. (0361) 224671, 236037, 232885


Sejarah

Pada permulaannya yang datang di Bali  adalah tentara dari kesatuan angkatan darat Jepang (Rikugua) yang tampaknya lebih kejam, bengis dengan pedang selalu ditangan, kemudian setelah pemerintahan sipil mulai disusun, yang mengambil peranan adalah tentara angkatan laut yang disebut kaigen. Pemerintahan sipil ini disebut Menseibu dengan kepalanya Menseibu Chookan berpusat di Singaraja.

Sistem militer yang diterapkan disini menyebabkan pemerintah bersifat militer fasis. Pusat kekuatan militer untuk seluruh Sunda Kecil berada di kota Denpasar dengan kepala militer tertinggi disebut Sirei.

Dalam hal ini walaupun bentuknya adalah pemerintahan sipil, namun selalu berada dibawah pengawasan militer. Setelah pemerintahan sipil dapat diwujudkan aksi propaganda oleh pemerintah Jepang semakin giat dilakukan. Dalam hal ini dibentuk semacam barisan propaganda yang disebut Sendenbu Sedenka.
Pada tanggal 15 Agustus 1943, dibentuk semacam Dewan Perwakilan Rakyat (Chuoa Sangai In) untuk seluruh Indonesia namun khusus di Bali dibentuk pula badan-badan yang disebut Syu Kaigi, dan para anggotanya disebut Syu Kaigi In serta bukan terpusat di Singaraja.